Ternyata Ini Kelebihan Mobil Transmisi Manual daripada Mobil Matic

Saat ini sudah banyak bermunculan mobil matic dan mulai digemari oleh sebagian besar masyarakat. Hal ini karena cara mengoperasikannya yang lebih mudah daripada mobil manual dan tidak terlalu melelahkan kaki ketika berada dalam kondisi macet.

Namun, mobil manual ternyata memiliki kelebihan tersendiri. Berikut ini adalah beberapa kelebihan mobil transmisi manual dibandingkan dengan mobil matic.

Kelebihan Mobil dengan Transmisi Manual

Mobil Manual Memiliki Pengoperasian Yang Berbeda Dengan Mobil Matic

1. Lebih hemat bahan bakar

Kelebihan lain yang dimiliki oleh mobil transmisi manual adalah bahan bakarnya yang lebih irit. Hal ini disebabkan karena pada mobil transmisi manual pengaturan putaran mesinnya lebih mudah ketika berkendara. Jadi, jika ingin hemat dalam bahan bakar, Anda bisa memilih mobil transmisi manual.

2. Mempunyai engine brake

Engine brake adalah teknik mengurangi kecepatan mobil dengan cara mengurangi gigi pada transmisi mobil. Ketika Anda ingin menurunkan batas kecepatan maksimal, Anda cukup memindahkan gigi ke yang lebih rendah.

Hal ini tidak ditemukan pada mobil matic. Pada daerah pegunungan dengan karakter jalan naik turun, engine brake sangat diperlukan agar tidak terlalu banyak menggunakan rem.

3. Lebih melatih konsentrasi

Tentu saja ketika mengendarai mobil transmisi manual memerlukan konsentrasi yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan pada mobil manual memiliki tiga pedal, yakni kopling, rem, dan gas.

Pengendara harus bisa menyeimbangkan antara fokus ke jalanan dengan fokus ke tiga pedal tersebut. Di mobil matic, hanya terdapat dua pedal saja, yaitu pedal gas dan rem.

4. Memiliki akselerasi yang lebih baik

Keunggulan berikutnya adalah mobil transmisi manual mempunyai akselerasi yang lebih baik daripada mobil matic. Respons akselerasi mobil manual akan lebih terasa daripada mobil matic. Pengemudi dapat leluasa ketika memainkan gas dan kopling.

5. Cocok untuk belajar

Seseorang yang mampu mengendarai mobil matic belum tentu bisa mengendarai mobil transmisi manual. Namun, orang yang bisa mengendarai mobil manual akan lebih mudah ketika mengendarai mobil matic dengan sedikit penyesuaian.

Oleh karena itu, mobil transmisi manual sangat baik untuk belajar menyetir. Jika pemula mempelajari mobil matic terlebih dahulu, ketika hendak mengendarai mobil manual akan memerlukan waktu lagi yang cukup panjang.

Jadi, meskipun agak sulit di awal belajar pengoperasiannya, ternyata mobil transmisi manual memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh mobil matic. Mengenai keputusan untuk menggunakan mobil matic atau manual, semua itu ada pada diri Anda sendiri.

Leave a Reply