Catat! Ini Panduan Beli Nissan Livina Bekas

Bagi mereka yang memiliki dana terbatas namun ingin memiliki kendaraan roda empat, membeli mobil bekas merupakan alternatif tepat yang bisa dipilih. Salah satu mobil bekas yang juga banyak diincar para calon pembeli mobkas adalah Nissan Livina. MPV yang diluncurkan pada tahun 2007 silam ini merupakan salah satu model terlaris dari Nissan.

Tak heran karena Nissan Livina hadir dengan bodi menarik dengan ground clearance rendah khas mobil MPV. Bagi Anda yang tertarik membeli Livina bekas, berikut panduan penting yang bisa Anda ikuti.

Beberapa Panduan Beli Nissan Livina Bekas

Beli Nissan Livina Bekas Lebih Untung

Periksa Service Record

Anda dapat memeriksa service record di bengkel resmi dari mobil Livina tersebut. Untuk dapat melihat gambaran kondisi mobil apakah benar-benar terawat atau tidak, Anda dapat melihat dari 3 tahun pemakaian awal yang tertera dan terinci detail di service record tersebut.

Periksa Jarum Indikator Bahan Bakar

Tak sedikit pengguna Nissan Livina mengeluhkan kerusakan pada jarum indikator bahan bakar yang tidak dapat menunjuk ke posisi full (F), padahal pengemudi telah mengisi penuh bahan bakar mobil. Karena itulah Anda perlu memeriksa apakah jarum indikator bahan bakar dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Periksa Kondisi Kemudi

Hal selanjutnya yang perlu Anda periksa sebelum membeli Nissan Livina bekas adalah kondisi dari kemudi mobil. Periksa dan cermati apakah terdapat suara tak lazim ketika Anda memutar kemudi, karena jika terdengar bunyi aneh mungkin saja disebabkan oleh daya pelumasan atau grease yang menurun.

Periksa Kondisi Kaki-Kaki

Selain hal-hal diatas, Anda juga perlu memeriksa sistem suspensi dari Nissan Livina. Periksa kondisi bushing kaki-kaki mobil, apakah terdapat getas atau pecah pada bagian tersebut. Jika terlanjur pecah dapat menimbulkan suara ketika berkendara melintasi jalan rusak, karena itulah Anda perlu meminta pemilik untuk memperbaikinya terlebih dahulu.

Periksa Kondisi Mesin

Nissan Livina menggunakan catalytic converter yang dapat membuat mobil mengkonsumsi bahan bakar jenis premium. Komponen catalytic converter tersebut juga perlu Anda periksa, apakah terjadi penyumbatan atau tidak. Karena jika sudah tersumbat maka mesin akan menimbulkan bunyi.

Periksa Kondisi Radiator

Yang tak kalah penting adalah memeriksa kondisi radiator. Jika memang radiator sudah berumur, tak perlu diperbaiki karena ada baiknya untuk segera mengganti dengan radiator yang baru.

Periksa Bodi Mobil

Karena terfokus pada bagian dalam mobil, tak jarang para calon pembeli mobkas kelupaan untuk memeriksa kondisi bodi mobil. Periksa seluruh kondisi fisik mobil seperti bodi, lampu belakang, lampu depan, foglamp, dan lain-lain agar dapat mengetahui apakah ada cacat bawaan mobil atau tidak.

Keuntungan Membeli Mobil Bekas

Tak sedikit orang yang memilih membeli mobil bekas daripada mobil baru. Bukan tanpa alasan, membeli mobil bekas memang memberikan beberapa keuntungan diantaranya:

Harga Jauh Lebih Murah

Alasan utama orang membeli mobil bekas adalah harganya yang jauh lebih murah dari mobil baru.

Mobkas Mengalami Depresiasi Harga

Depresiasi atau penurunan harga lumrah terjadi pada kendaraan. Depresiasi harga umumnya terjadi pada mobil bekas yang berusia lebih dari 5 tahun.

Kualitas Sama

Banyak pemilik ataupun dealer yang menjual mobil bekas dengan kualitas yang tak jauh berbeda dari mobil baru dengan harga yang tentunya jauh lebih terjangkau.

Dapat Langsung Digunakan

Ketika membeli mobil baru, Anda harus menunggu beberapa minggu bahkan bulan hingga kelengkapan surat selesai diurus. Lain halnya dengan mobil bekas yang dapat langsung digunakan sesegera mungkin.

Rupanya terdapat banyak hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil Nissan Livina bekas. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Leave a Reply