Hingga saat ini, mobil bermesin diesel masih menjadi pilihan bagi kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini lantaran mesin oli diesel ini menawarkan berbagai keunggulan baik itu dari segi efisiensi penggunaan bahan bakar, lebih tahan lama dan lain sebagainya. Terlepas dari berbagai keunggulan yang ditawarkannya, apakah Anda tahu bagaimana cara merawat kendaraan yang memiliki mesin diesel? Jika Anda penasaran, simak informasi menariknya di artikel berikut ini.

Selalu panaskan mesin mobil sebelum dipakai

Cara mudah melakukan perawatan pada mesin diesel kendaraan yakni dengan cara selalu panaskan mesin mobil sebelum dipakai nantinya. Dalam memanaskan mesin kendaraan diesel ini, Anda perlu waktu setidaknya selama 5 sampai 10 menit saja. Tujuan dari pemanasan mesin diesel ini yakni supaya oli bisa bersirkulasi dan dapat melumasi komponen yang ada di dalam mesin itu sendiri.

Gunakan oli mesin yang tepat

Merawat mesin diesel kendaraan juga penting untuk memperhatikan pemilihan oli mesin yang digunakan. Mengingat di pasaran sendiri banyak yang menawarkan beragam pilihan jenis oli sebagai pendingin suhu mesin, membersihkan dan melindungi komponen penyusun mesin, maka dari itu pastikan Anda memilih oli mesin kendaraan yang tepat. Disini, Anda pastikan menggunakan oli mesin dengan spesifikasi yang sudah direkomendasikan pabrikan dan rutin mengganti oli mesin tersebut.

Pastikan menggunakan bahan bakar solar yang berkualitas

Penggunaan bahan bakar solar yang memiliki kadar Cetane Number (CN) / kandungan sulfur yang lebih rendah juga penting diperhatikan dalam hal merawat mesin diesel. Sebab jika Anda salah menggunakan solar dengan kandungan sulfur yang cukup tinggi, maka hal ini akan membuat komponen injektor mengalami kerusakan dan menjadikan sistem pembakaran menjadi tidak sempurna.

Mengganti filter bahan bakar secara tepat

Mengingat filter bahan bakar berguna untuk menyaring kandungan solar yang terkadang masing terdapat kandungan air ataupun kotoran, maka dari itu penting dilakukan penggantian filter bahan bakar secara tepat. Dalam hal ini, pastikan Anda mengganti filter bahan bakar sesuai jadwal perawatan berkala sesuai dengan petunjuk buku service kendaraan agar terhindar dari masalah kerusakan.

Melakukan perawatan kendaraan secara rutin di bengkel

Tips terakhir, Anda juga perlu melakukan perawatan kendaraan secara rutin di bengkel yang resmi. Ini dikarenakan di bengkel tersebut umumnya sudah memiliki mekanik ahli yang mampu menangani berbagai masalah pada kendaraan, termasuk mesin diesel yang lengkap dengan berbagai peralatan yang diperlukan. Dikarenakan mobil bermesin diesel saat ini sudah dilengkapi adanya teknologi Injektor Common-Rail, maka Anda perlu meminta pihak bengkel memeriksa dan membersihkannya secara berkala.

Dengan menerapkan beberapa tips cara merawat mesin diesel di atas, maka dipastikan mesin kendaraan oli diesel Anda akan jauh lebih awet dan tahan lama. Di samping itu, pastikan menggunakan oli yang berkualitas terbaik seperti dari oli Idemitsu yang menjadi oli pilihan produsen terpercaya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.