Begini Cara Merawat Kesehatan Organ Jantung Anda Biar Tetap Sehat

Organ jantung memiliki peran yang vital bagi keberlangsungan hidup seseorang. Perlu Anda tahu, kinerja jantung tak pernah berhenti untuk memompa darah ke seluruh jaringan tubuh, menerima pasokan darah kotor, hingga menyaringnya kembali menjadi darah bersih.

Oleh karena itu, penting menjaga kesehatan jantung supaya dapat berfungsi normal. Akan tetapi, ada berbagai faktor yang dapat memengaruhi kinerja jantung menjadi lebih buruk, bahkan mengakibatkan kematian.

8. Asupan Makanan Bergizi Seimbang Untuk Kesehatan Jantung Anda

Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan yang baik. Lebih jelasnya, simak ulasan terkait cara menjaga kesehatan jantung berikut .

Konsumsi Makanan Sehat

Jantung Anda akan tetap sehat apabila dipasok dengan aneka makanan yang sehat pula, salah satunya yang banyak mengandung serat. Pasalnya, makanan yang kaya serat akan menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh yang berisiko meningkatkan risiko penyakit jantung.

Berbagai sumber makanan berserat diantaranya buah-buahan, sayuran, gandum, kacang, dan sereal. Jangan lupa, lengkapi dengan konsumsi air minum yang banyak supaya pencernaan tetap lancar.

Rutin Berolahraga

Cara yang kedua yaitu dengan rutin berolahraga. Risiko jantung akan meningkat apabila seseorang jarang berolahraga dan beraktivitas fisik. Kalaupun rutinitas Anda lebih sering duduk dan minim aktivitas fisik, sempatkanlah untuk olahraga sejenak sekitar 20-30 menit per hari.

Berhenti Merokok

Seseorang dengan kebiasaan merokok memiliki risiko lebih tinggi untuk terserang penyakit jantung koroner. Tidak hanya berpotensi bagi perokok aktif, melainkan para perokok pasif yang berada di sekitarnya dan terkena paparan asap rokok.

Ketahuilah, zat beracun dalam rokok dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah jantung sehingga memicu gangguan aliran darah. Kondisi ini dapat menyebabkan kurangnya asupan nutrisi dan oksigen menuju jantung sehingga kinerjanya terganggu.

Kurangi Konsumsi Lemak Jenuh

Selain rokok, konsumsi lemak jenuh dan lemak trans berisiko meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan menimbulkan gangguan jantung. Apabila kolesterol menumpuk, maka akan menyumbat pembuluh darah pada jantung dan menyebabkan penyakit.

Oleh karena itu batasi konsumsi lemak jenuh, seperti kulit ayam, daging merah, gorengan, dan produk susu kaya lemak.

Selain cara di atas, pastikan untuk memiliki tidur yang cukup supaya jantung Anda tetap sehat. Jangan lupa, konsumsi berbagai makanan yang baik untuk jantung ya.

Leave a Reply